Kamis, 06 April 2017

23.49
Image by http://www.safetyshoe.com/


Dalam memilih sepatu safety sebaiknya melihat pada kualitas serta fungsi sepatu safety itu sendiri dan bukan memilih karena model saja karena fungsi utama sepatu safety adalah untuk melindungi kaki. Memilih Sepatu keselamatan untuk Pekerja Lapangan harus benar-benar memperhatikan beberapa hal, selain dari biaya dan desain juga tidak kalah penting adalah pertimbangan lingkungan kerja.



Berikut ini merupakan informasi singkat tentang cara memilih sepatu safety (Safety Shoes) sesuai dengan lingkungan kerja di perusahaan :


1. Pabrik Peleburan Besi dan Baja


Pabrik besi termasuk lokasi kerja yang beresiko cukup tinggi. Pakailah sepatu safety dengan model menutup mata kaki atau boot tinggi. Pilihlah sepatu safety dengan RESLETING karena lebih tahan panas dan tahan percikan api atau baja cair. Jika di dalam ruangan bersuhu tinggi (di atas 100 derajat CELCIUS), pakai sepatu safety yang sesuai standart yang memiliki ketentuan keterangan Tahan Panas (Heat Resistant) hingga 300˚ C.


2. Proyek Konstruksi :


Pakai sepatu Boot safety atau middle boot yang menutup mata kaki. Guna menghindari tertusuk paku maka disarankan untuk menambahkan PLAT BESI pada telapak kaki (di dalam sol).


3. Pelabuhan dan Bandara :


 Lokasi kerja ini berhubungan dengan bahan bakar, air, aftur dan benda cair lainnya. Dengan tambahan SOL tahan licin. Dapat menggunakan sepatu safety pendek maupun sedang dan bisa dengan tali atau tanpa tali.


4. Pertambangan Batu Bara dan Minyak Bumi :



Pertambangan termasuk salah satu lingkungan kerja dengan resiko tinggi (high risk environment) maka diperlukan sepatu safety dengan spesifikasi tertentu, Model boot tinggi 24 sampai 28 cm (menutupi mata kaki dan betis). Sol tahan minyak (oil resistant sole) dan berbahan PU (polyurethane) dipakai di pertambangan minyak bumi. Sol karet pentil (sol DR Rubber) tahan pada benda tajam dipakai di pertambangan batu bara dan bijih besi. Dapat juga ditambahkan sol PU dengan tambahan pelat besi di dalam sol guna menghindari tusukan paku atau benda tajam lainnya.


5. Proyek Pengaspalan Jalan Raya


 Proyek seperti ini bisanya berlangsung dalam waktu 3 – 6 bulan sehingga tetap diperlukan sepatu safety dengan bahan kulit asli dan sol karet. Haruslah memilih model tanpa tali atau menggunakan resleting samping, sehingga sepatu tetap awet meskipun terkena aspal cair yang masih mendidih. Jika memakai safety shoes bertali maka bagian talinya akan mudah putus dan ini kurang efisian saat melepas dan memakai sepatu.


6. Pabrik Semen dan Beton bertulang


Pabrik semen atau beton pantasnya memakai sepatu safety boot tinggi, guna melindungi dari siraman semen dan bahan kotor lainnya. Pakailah sepatu safety dengan sol karet pentil.


7. Pabrik Kimia


 Untuk pabrik atau tempat yang mengandung bahan kimia berbahaya, diwajibkan memakai sepatu safety (safety shoes) dengan spesifikasi ACID RESISTANT atau CHEMICAL RESISTANT. sehingga pemakai terhindar dari resiko cacat akibat terkena tumpahan bahan kimia berbahaya. Anda Dapat memakai model pendek atau sedang, disarankan yang slip on (tanpa tali) supaya lebih efisien.


8. Pabrik Makanan dan Minuma


 Karena lingkungan kerja yang beresiko rendah dan pada umumnya ditempati oleh puluhan karyawan. Cukup pakai sepatu safety dengan SOL TAHAN LICIN. Karena lingkungan kerja ini cenderung basah dan licin.


9. Restoran


 Untuk dapur (kitchen) dan restoran kami sarankan memakai sepatu safety shoes dengan SOL yang tahan licin atau anti slip. Agar pemakai tidak mudah terpeleset saat lantai dapurnya licin terkena minyak. lebih baik memakai sepatu safety dengan model pendek dengan elastic samping, sehingga lebih efisien. Begitu juga dengan Chef atau juru masak/Koki Masak restaurant, juga memakai sepatu safety, untuk Chef yang diutamakan adalah slip resistance, karena mereka bekerja dalam lingkungan dapur yang biasanya basah ataupun licin karena minyak dsb.


10. Perkebunan atau Pertanian  


Lingkungan kerja ini juga memerlukann sapatu safety. Pegawai perkebunan memerlukan Sepatu safety boot tinggi yang dapat melindunginya dari duri, lumpur dan alat-alat pertanian.


11. Pabrik Kelapa sawit dan Gula


Pabrik kelapa sawit dan pabrik gula ini membutuhkan sepatu safety dengan sol TAHAN MINYAK. Pakailah Sepatu Safety yang cocok dengan medan kerja. Pembersihan sepatu setelah dipakai akan menjaga keawetan sepatu.


Anda dapat memakai sepatu safety dengan model yang pendek, sedang maupun boot sesuaikan dengan tempat kerja Anda. Usahakan memakai sepatu safety yang tanpa tali, untuk memudahkan pemakaian dan pelepasan.


12. Ekspedisi atau Survei Lapangan


Tipikal pegawai di perusahaan ini sering bergerak dan berpindah-pindah, sehingga butuh sepatu safety pendek tanpa tali untuk memudahkan pemakaian dan pekerjaan mengangkat barang. Untuk ekspedisi kami sarankan memakai sepatu pendek tanpa tali. Untuk petugas survey dapat memakai sepatu pendek atau sepatu sedang dengan model sesuai selera.


Pada umumnya mereka lebih memilih model yang casual karena dapat dipakai kerja sekaligus santai.

0 komentar:

Posting Komentar