Minggu, 16 April 2017

23.23
Bekerja dengan sepatu safety yang basah bisa mengakibatkan lecet pada kaki Anda serta jamur didalam sepatu safety Anda. Bila Anda hanya mempunyai waktu beberapa jam, Anda bisa mengeringkan sepatu safety Anda didalam mesin pengering baju, dengan kipas atau koran. Cara yang Anda tentukan mesti bergantung pada konstruksi serta bahan sepatu safety untuk menghindari kerusakan yg tidak bisa diperbaiki.

Memakai Mesin Pengering Pakaian

1. Lihatlah konstruksi sepatu safety Anda. Bila sepatu safety Anda sintetik atau katun, tanpa ada sol keras atau gel, sepatu safety itu bisa dimasukkan ke mesin pengering. Sepatu safety kulit, sepatu berolahraga memiliki bahan gel, selop serta sepatu kets tak bisa dikeringkan dengan mesin pencuci atau mesin pengering.

2. Bersihkan terlebih dulu bila sepatu safety itu mempunyai sisa-sisa lumpur yang jadi kering. Anda bisa membilasnya dengan selang taman maupun memasukkannya untuk dicuci melalui seluruh siklus mesin pencuci. Alasi sisi dalam mesin pencuci dengan banyak handuk bekas.

*Gunakan air hangat serta detergen yang lembut untuk membuatnya bersih. Bila sepatu safety itu telah basah, mungkin saja inilah saat yang pas untuk membersihkannya.

3. Lepaskan tali sepatu safety bila Anda belum mengerjakannya.

4. Isi mesin pengering dengan sebagian kain atau handuk pencuci piring. Tak perlu sampai memenuhi semua tabung mesin.

5. Bukalah pintu pengering. Pasangkan sepatu Anda berdampingan dengan sisi jari-jari kakinya menghadap ke atas. Atur sol sepatu supaya berhadapan dengan sisi dalam pintu mesin.

6. Simpulkan tali sepatu di sekitar sisi atas pintu mesin pengering. Lalu, dengan hati-hati serta tegas tutuplah pintu mesin. Tali sepatu mesti memanjang keluar dari pengering saat pintu ditutup.

*Menggantung sepatu di pintu mesin akan hindari sepatu itu memukul-mukul tabung mesin. Bila sepatu dilewatkan berputar-putar didalam mesin, sepatu bisa mengakibatkan kerusakan pengering atau sol sepatu tersebut.

7. Atur pengering pada pengaturan siklus sedang atau rendah selama tak lebih dari 60 menit. Buka pintu mesin serta periksa sepatu itu sudah mengering setelah siklus usai.


Menggunakan Kipas

1. Periksa konstruksi sepatu Anda. Bila sepatu itu adalah sepatu kulityang kokoh atau sepatu berolahraga yang sol sepatunya memiliki bahan gel, cara ini akan bekerja dengan baik. Sepatu berbahan kulit lunak mungkin saja butuh dikeringkan dengan lebih perlahan-lahan.

2. Menghilangkan kotoran yang mengering dengan selang taman atau keran. Sepatu itu mungkin saja akan menjadi basah, namun sepatu tak bisa terlalu kotor.

3. Carilah kipas angin lantai atau kipas angin meja yang kokoh. Kipas itu harus lebih tinggi dari pada panjang sepatu Anda serta cukup kokoh untuk menahan sepatu yang digantungkan pada kipas angin itu.

4. Letakkan kipas angin di garasi atau di ruangan peralatan. Tempatkan handuk dibawah sisi depan kipas angin untuk menyerap tetesan air waktu sepatu dikeringkan.

5. Lepaskan alas sepatu yang tebal atau alas sepatu ortotik. Tempatkan alas sepatu diatas radiator untuk mengeringkannya atau masukkan ke mesin pengering serta atur ke penyusunan siklus yang rendah selama beberapa menit bila alas sepatu itu bukan memiliki bahan kulit.

6. Ambil penggantung pakaian berbahan kawat yang telah usang serta pemotong kawat. Potong kawat sepanjang 15 cm memakai pemotong kawat.

7. Tekuk kawat jadi bentuk huruf " S ". Kawat itu mesti mempunyai kait kecil di salah satu ujungnya untuk dihubungkan pada kipas serta kait yang lebih besar di ujung yang lain untuk menggantung sepatu Anda. Gunakan tang bila kawat gantungan Anda sulit untuk ditekukkan.

8. Kaitkan ujung yang kecil pada kipas angin. Jagalah jarak diantara ke-2 kait kurang lebih 23 cm hingga ke-2 sepatu dalam posisi bersebelahan.

9. Kendurkan tali pada sepatu. Buka sepatu itu hingga sisi dalam sepatu akan memperoleh angin sebanyak mungkin dari kipas angin. Gantungkan sisi dalam tumit sepatu itu pada kait yang lebih besar.

*Angin dari kipas bakal mencapai sisi dalam sepatu serta bergerak dibagian luar sepatu.

10. Kendurkan tali pada sepatu. Buka sepatu itu hingga sisi dalam sepatu akan memperoleh angin sebanyak mungkin dari kipas angin. Gantungkan sisi dalam tumit sepatu itu pada kait yang lebih besar.

*Angin dari kipas akan meraih sisi dalam sepatu serta bergerak dibagian luar sepatu.

 Menggunakan Kertas Koran

1. Perkirakan apakah sepatu Anda termasuk juga memiliki bahan rapuh atau tidak. Bila sepatu Anda terbuat dari kulit atau kulit lunak (suede), ini yaitu cara yang paling lembut untuk mengeringkannya dengan cepat. Selop bersol keras mesti dikeringkan dengan cara kertas koran ini.

2. Carilah beberapa kertas koran. Buang halaman koran yang mempunyai tinta yang sangatlah hitam atau bergambar. Kadang-kadang tinta koran bisa merembes pada sepatu.
*Tinta bisa di hilangkan dengan gampang lewat cara digosok pada sepatu kulit gelap.
*Jika Anda cemas tinta itu bakal mengakibatkan kerusakan sepatu, tempatkan sepatu dengan posisi terbalik didalam kotak yang diisi beras setinggi 2, 5 cm. Tutup erat kotak itu serta cek sepatu Anda setelah 2 jam.

3. Basuh sepatu Anda bila ada sisa-sisa kotoran yang mengering. Anda dapat juga bersihkan kotoran itu dengan serbet lembap.

4. Gulung koran jadi bentuk bola serta masukkan ke sisi jari kaki sepatu itu. Teruskan pada semasing sepatu hingga semua sisi dalam sepatu berisi bola koran.

5. Bungkus sisi luar sepatu dengan balutan kertas koran. Ikatkan karet gelang di sekitar sisi tengah sepatu supaya koran tak lepas.

6. Tempatkan sepatu, dengan posisi sol ada dibawah, ditempat yang berventilasi dirumah.

7. Buang koran itu serta ulangilah sistem ini dengan kertas kering selama satu jam. Bila sepatu Anda basah, koran akan perlu ditukar sebanyak berapa kali.






0 komentar:

Posting Komentar