Kamis, 20 April 2017

23.42

Sepatu keselamatan kerja ( safety shoes ) merupakan sepatu safety yang dipergunakan oleh karyawan, untuk melindungi diri terutama kaki mereka dari kejatuhan beban atau terlindas kendaraan proyek. Dengan menggunakan sepatu ini, mudah-mudahan kecelakaan yang dapat mengakibatkan cedera yang parah akan terhindar.

Pada bagia depan atau bagian jari sepatu tersebut, diletakkan toe cap ( besi baja ) yang ringan, sehingga besi baja tersebut itulah yang melindungi jari-jari kaki kita. Karena berdasarkan pengalaman, kecelakaan kerja banyak terjadi terhadap jari-jari kaki. Sedangkan bagi tubuh atau kepala, harus mempergunakan helm safety.

Di Indonesia, pada saat ini banyak produsen sepatu keselamatan kerja. Di Indonesia sendiri sudah banyak produsen yang jual sepatu safety. Harganya pun sudah beragam, ada yang jual sepatu safety murah hingga mahal. Cara membelinya pun tidak perlu ketoko, ada beberapa produsen jual sepatu safety online. Sepatu keselamatan kerja, merupakan suatu syarat bagi perusahaan, sebagai bentuk keperduliannya terhadap keselamatan kerja karyawan. Selain itu, merupakan suatu syarat juga untuk memperoleh ISO dan penghargaan nasional maupun internasional. Karena syarat untuk memperoleh pengakuan, keselamatan kerja merupakan hal yang harus diperhatikan, salah satunya persyaratan untuk mempergunakan sepatu keselamatan kerja.

Konsumen yang menggunakan sepatu keselamatan kerja, merupakan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang proyek pembangunan, perusahaan gas, perusahaan pertambangan, perusahaan oil company, kontraktor pembangunan jalan, karyawan di rig dan lepas pantai, perusahaan  pertambangan, perhotelan, pengelolaan gedung, pabrik baja, pabrik mobil, pabrik pesawat dan banyak lainnya. Sehingga market untuk sepatu keselamatan kerja ini sangat besar dan luas.

Pada dasarnya, sole bawah sepatu keselamatan kerja terdiri dari :

1. Sole Bahan Synthetic, dimana campuran kimia synthetic yang padat, sehingga sepatu ini kuat dan keras. Sole bawah sepatu keselamatan kerja yang menggunakan synthetic, dipergunakan untuk lokasi kerja yang berat, seperti lokasi kerja yang banyak bahan kimianya, banyak benda-benda tajam atau pecahan kaca dan lokasi kerja yang lantainya sangat panas yang bisa mencapai 100 derajat celcius, sehingga sole sepatu keselamatan kerja yang terbuat dari bahan synthetic yang sesuai di pergunakan.

2. Sole Bahan Polyurethane, dimana pada bahan ini sole sepatu akan empuk dan ringan, sehingga sepatu keselamatan kerja yang menggunakan sole ini, sesuai dipergunakan oleh karyawan yang berada di lokasi pekerjaan yang tidak terlalu berat, seperti di gudang, di bagian produksi yang tidak ada pecahan-pecahan besi, atau benda tajam lainnya. Walau demikian, kadangkala ada konsumen yang bekerja di lokasi banyak benda tajam, tetapi meminta sole terbuat dari polyurethane yang katanya lebih ringan. Hal ini dapat dilakukan, apabila pada sepatu tersebut diantara sole bawah dan sole dalam diletakkan mid sole yang terbuta dari baja ringan, sehingga kaki dapat lebih aman dari tusukan benda tajam.

Demikianlah kegunaan sepatu keselamatan kerja ( safety shoes ) dan penggunaan sepatu ini sangat penting bagi keamanan karyawan, terutama yang bekerja di pabrik-pabrik dan agar manajemen atau perusahaan menghasilkan hasil yang namanya zero accident.

0 komentar:

Posting Komentar