Selasa, 25 April 2017

02.37
Kaki yang bau serta sepatu safety yang berbau busuk bisa membuat kesal, rasa malu, serta bisa menghalangi kehidupan sosial anda yang membuat anda terasing baik anda sukai maupun tidak. Jadi buatlah gagasan untuk beri kesegaran aroma sepatu anda supaya anda tak perlu keluarkan banyak biaya untuk mengganti alas kaki anda serta mengganti teman-teman. Berikut adalah tiga cara berbeda untuk menangani permasalahan bau kaki itu.

Beri kesegaran Sepatu Dengan cara Alami

1. Carilah pemicunya. Berhentilah serta periksa sepatu anda saat sebelum anda coba serta mengatasi baunya. Bila anda mempunyai sol sepatu yang basah atau rusak, keluarkan sol itu serta keringkan, atau belilah sol yang diformulasikan khusus untuk menghindar perkembangan bakteri.

2. Keringkan sepatu anda dengan menempatkannya di dekat pemanas atau ditempat yang cerah. Lepaskan talinya serta angkatlah lidah sepatu ke atas untuk mempercepat keringnya sepatu. Dengan menjaganya terus kering, anda menolong menghindar perkembangan bakteri yang mengakibatkan bau.

3. Belilah sol kayu pohon cemara. Kayu pohon cemara adalah bahan anti jamur serta bisa menolong mencegah bau pada sepatu. Diluar itu, kayu cemara beraroma fresh, ringan, serta menyenangkan, sehingga merupakan pilihan yang bagus untuk menyingkirkan bau serta mencegah perkembangan bakteri.

4. Bekukan sepatu anda. Masukkan sepatu bau anda ke kantung plastik, serta lalu masukkan ke kulkas (dibagian freezer/pembeku) selama satu malam. Untuk hasil paling baik, biarlah sepatu anda menghilangkan bekuan es dengan cara alami pada esok harinya dibawah cahaya matahari.

*Terdapat bukti yang meyakinkan bahwa kiat ini sukses. Intinya yaitu bahwa membekukan sepatu akan membunuh bakteri pemicu bau, tetapi sebagian orang menyebutkan bahwa langkah tersebut cuma akan meredakan bau untuk sesaat. Cobalah sendiri serta lihatlah pendapat anda.

5. Gunakan lembaran pelembut/conditioner kain. Gulung satu atau dua lembaran pelembut/penyegar kain (yang anda tempelkan pada pengering, atau diantara lembaran anda) serta simpan didalam sepatu anda setelah anda memakainya. Lembaran-lembaran itu akan menanamkan parfumnya yang menyenangkan ke sepatu serta singkirkan kelembaban yang ada didalam sepatu.

6. Pakai mesin uap atau coba pengaturan uap pada mesin pencuci atau pengering anda. Uap bisa membantu membasmi bakteri serta jamur, hingga singkirkan bau. Bila anda tak perduli sepatu anda sedikit basah, coba langkah tersebut.

7. Masukkan kulit jeruk, jeruk besar, lemon, atau jeruk nipis yang fresh ke sepatu. Kulit jeruk fresh mempunyai aroma yang bagus karena minyak esensialnya. Diamkan kulit jeruk fresh didalam sepatu anda serta buanglah saat sebelum anda memakainya. Sepatu anda akan beraroma jauh lebih baik.

8. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke sepatu anda. Satu atau dua tetes telah cukup untuk tiap-tiap sepatu, dibagian sol sepatu. Ini akan menambah khasiat anti bakteri pada sol serta menyingkirkan baunya, menggantinya dengan aroma fresh.




Menyegarkan Sepatu Secara Kimiawi

1. Gunakan bedak kaki anti jamur, atau cobalah semprotan anti bakteri. Keduanya dapat dibeli di toko serba ada, toko kelontong, atau toko obat.

*Bedak kaki anti jamur biasanya dihubungkan dengan kaki atlet. Sementara kaki para atlet merupakan penyebab bau kaki dan sepatu bau, namun juga ada kemungkinan orang yang bukan atlet memiliki sepatu yang bau.
*Jika anda memang memiliki kaki atlet, pertimbangkan untuk menggunakan krim, losion, atau campuran lainnya dari minyak pohon teh pada kaki untuk melawan jamur. Minyak pohon teh merupakan minyak anti jamur alami yang beraroma wangi. Gosokkan pada kaki untuk memerangi kaki atlet.

2. Lepaskan sol dan tali dari sepatu dan masukkan sepatu anda ke dalam bantal duduk. Cucilah dengan mesin cuci dengan suhu sekitar 4,5 sampai 10 derajat celcius. Ulangi proses ini segera setelah putaran pertama selesai, dan kemudian biarkan sepatu itu kering secara alami.

3. Masukkan soda kue ke dalam sepatu tersebut. Jika trik pembeku tadi tidak berhasil, masukkan sejumlah soda kue dan biarkan bubuknya menyerap bau sepanjang malam. Soda kue dapat digunakan untuk berbagai hal, termasuk sebagai bubuk anti jamur.

*Sebagai alternatif, campurkan soda kue dengan bubuk seng oksida untuk menciptakan bubuk penghilang bau dan penangkal jamur. Campurkan soda kue dan seng oksida dengan jumlah yang sama dan taruh di dalam sepatu sepanjang malam. Seng oksida memiliki sifat penghilang bau dan anti bakteri.[1]
*Buang bubuk tersebut keesokan harinya sebelum anda mengenakannya kembali agar tidak mengotori kaki anda dengan bubuknya yang putih sepanjang hari.

4. Cobalah penghilang bau yang biasa dijual di toko. Kebanyakan produk itu mengandung bakteri dan /atau enzim yang melawan penyebab bau tersebut.

5. Gunakan cairan alkohol. Untuk sepatu yang tidak bisa dicuci, usaplah dengan bola kapas atau kapas persegi yang sudah dibasahi dengan alkohol. Ini akan membantu mengeringkan penyebab bau tersebut dan memungkinkan anda dapat segera mengenakan sepatu itu lagi. Alkohol menguap dengan cepat, di samping sebagai antiseptik. Saat bercampur dengan cairan lain, alkohol juga membantu cairan lain untuk menguap.

6. Gunakan kotoran kucing yang masih baru. Kotoran kucing mungkin tampak agak tidak menyenangkan, namun ini berhasil karena suatu alasan: kotoran kucing bersifat penghilang bau yang bagus. Masukkan kotoran kucing yang masih baru ke dalam kaus kaki, ikatkan simpul di atasnya, dan masukkan ke dalam sepatu sepanjang malam.

7. Gunakan air dan cuka. Semprotkan sepatu anda dengan gabungan 50 persen air dan 50 persen cuka suling putih. Semprotkan campuran tersebut ke dalam lapisan sepatu dan sol sepatu anda, dan diamkan selama 30 menit. Anda dapat menggunakan pengering rambut setelah itu jika anda ingin mengeringkan sepatu lebih cepat. Lanjutkan dengan membubuhkan soda kue ke dalam sepatu semalaman.




0 komentar:

Posting Komentar