Kamis, 11 Mei 2017

19.15

Jogging dan lari adalah olahraga yang paling mudah untuk melindungi badan tetap sehat. Walau jogging bukan berolahraga yang berat, tetapi Anda perlu memperhatikan sepatu yang dipakai. Salah dalam memilih sepatu bisa membuat anda tidak maksimal saat lari dan bahkan menimbulkan cidera.

Dalam memilih sepatu lari ada beberapa hal yang perlu di perhatikan seperti bentuk kaki, kesesuaian sepatu dengan kaki, dan tipe gerakan lari yang akan Anda lakukan. Walau sama-sama sepatu lari, namun lain tipe menawarkan tingkat stabilitas, bantalan, dan kontrol gerakan yang berbeda-beda. Berikut cara untuk memilih sepatu lari yang tepat.

1. Identifikasi Tipe Kaki
Cara mengidentifikasinya yaitu dengan membasahi kaki lalu injak kertas untuk membuat jejak kaki. Jejak kaki yang sangat berlekuk dengan tidak ada atau hanya sedikit sejak pada bagian depan kaki dan tumit menunjukkan kalau kaki Anda tipe melengkung. Tipe tersebut membutuhkan sepatu dengan sol yang melengkung.

Untuk kaki yg tidak begitu berlekuk membutuhkan sepatu yang stabil dan bisa menyokong bentuk kaki. Sedangkan kaki yg tidak memiliki lekukan, atau datar butuh sepatu yang sangat stabil yang dapat membantu mengontrol gerakan. Pilihlah sol yang terbuat dengan material yang kuat sepanjag bagian tepi kaki agar tidak mudah rusak.

2. Kesesuaian Sepatu
Yakinkan kalau sepatu yang Anda gunakan sesuai dengan ukuran kaki anda. Sebelum membeli, cobalah sepatu dengan ukuran setengah lebih besar dan gunakan kaus kaki yang biasa anda kenakan untuk lari. Bagian tumit harus pas dan ada jarak sebesar jempol pada jari kaki terpanjang dengan sepatu. Sisi tengah kaki harus merasa nyaman saat memakai sepatu.

3. Sepatu Khusus Lari
Pilih sepatu yang memang khusus di buat untuk olahraga lari. Sepatu olahraga lain mungkin lebih ringan namun kurang stabil dibandingkan dengan sepatu lari. Sepatu ini di desain untuk membantu anda berlari lebih cepat. Track shoes biasanyayang mempunyai duri-duri dibagian bawah untuk membantu kecepatan anda saat lari. Semakin panjang jarak yang ditempuh, maka makin panjang juga duri yang diperlukan. Track shoes biasa dipakai untuk lari sprint dan memiliki bantalan yang kurang.

Off-road shoes di buat dengan daya tarik yang lebih, bumper untuk jari, dan jahitan dibagian luar untuk meningkatkan pertahanan dan perlindungan. Bantalan sepatu ini lebih sedikit dibanding sepatu lari biasa karena di desain untuk dataran yang lebih lunak.

4. Beli Sepatu Pada Malam Hari
Lebih baik beli sepatu saat malam hari karena pada saat itu kaki manusia akan membesar sehingga menghindari kemungkinan sepatu kesempitan.

Jangan lupa ganti sepatu lari anda setelah digunakan untuk lari sejauh 350-400 mil karena sisi tumit dan tengah sepatu telah tipis. Hal ini dapat untuk hindari anda terkena cidera.

0 komentar:

Posting Komentar