Kamis, 18 Mei 2017

01.10

Alat Pelindung Diri (APD) adalah peralatan pelindung yang digunakan oleh seorang pekerja untuk melindungi dirinya dari kontaminasi lingkungan. APD dalam bahasa Inggris di kenal dengan sebutan Personal Protective Equipment (PPE). Dengan melihat kata " personal " pada kata PPE terebut, maka setiap perlengkapan yang dikenakan harus mampu memperoteksi si penggunanya. Sebagai contoh, proteksi telinga (hearing protection) yang melindungi telinga penggunanya dari transmisi kebisingan, masker dengan filter yang menyerap dan menyaring kontaminasi udara, dan jas laboratorium yang memberikan perlindungan penggunanya dari kontaminisasi bahan kimia. APD dapat berkisar dari yang sederhana hingga relatif lengkap, seperti baju yang menutup seluruh badan pengguna yang dilengkapi dengan masker khusus dan alat bantu pernafasan yang dikenakan disaat menangani tumpahan bahan kimia yang sangat beresiko. Peralatan seperti pakaian kerja biasa atau seragam yg tidak secara khusus melindungi diri dari resiko keselamatan dan kesehatan tidak termasuk APD. Pemakaian alat APD dimaksudkan untuk mengurangi atau minimalkan resiko dan bahaya di tempat kerja.

Alat Pelindung badan

Jas Laboratorium adalah salah satu Alat Pelindung Diri yang harus digunakan oleh para pekerja di lingkungan laboratorium. Hal semacam ini berarti bahwa jas lab tidak hanya dipakai oleh beberapa analis namun juga beberapa pekerja lain yang ada di laboratorium. Pemakaian jas lab juga jadi seragam simpel bagi para profesiaonal di bidang laboratorium.
Sesuai fungsinya pemakaian jas lab diperuntukkan agar beberapa pemakainya terlepas dari paparan atau percikan bahan kimia yang digunakan. Untuk itu sangat tak dianjurkan menggunakan jas lab lengan pendek.

Alat pelindung kepala

Alat pelindung kepala yaitu alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan, terantuk, kejatuhan atau terpukul benda tajam atau benda keras yang melayang atau meluncur di udara, terpapar oleh radiasi panas, api, percikan bahan-bahan kimia, jasad renik (mikro organisme) dan suhu yang ekstrim dan menjaga kebersihan kepala dan rambut.

Alat pelindung mata dan muka

  • Perisai wajah (Face Shield)

Perisai wajah diperlukan saat terdapat potensi adanya paparan zat kimiawi, benda-benda berterbangan dan juga sinar UV pada wajah kita ketika bekerja.

  • Safety Glasses

Safety Glasses adalah perlindungan paling minimum untuk mata ketika bekerja didalam laboratorium dari benda-benda yang beterbangan.

  • Safety Goggles

Safety goggles diperlukan ketika bekerja didalam laboratorium yang ada kemungkinan mata terkena uap, cipratan, kabut maupun semprotan dari zat kimia berbahaya yang mungkin bisa menyerang mata.

Alat pelindung telinga
Alat pelindung telinga yaitu alat pelindung yang berperan untuk melindungi alat pendengaran pada kebisingan atau tekanan. Jenis alat pelindung telinga terdiri dari sumbat telinga (ear plug) dan penutup telinga (ear muff).

APD ini disarankan untuk dipakai apabila tempat anda bekerja memiliki tingkat kebisingan di atas normal yakni level kebisingan yang mencapai diatas 85 dB atau lebih. Sedangkan APD ini harus dipakai ketika tingkat kebisingan sudah mencapai 90 dB.

Alat pelindung pernapasan bersama perlengkapannya

  • Respirator pemurni udara

Jenis ini memakai filter the hobbit the desolation of smaugatau kanister yang bisa menyerap kontaminan dalam udara. Jenis filter berbeda-beda bergantung jenis gasnya dan di beri warna yang berbeda sesuai dengan kekuatan penyerapan gas.


  • Gas asam : putih
  • Gas asam sianida : putih dengan strip hijau
  • Gas klor : putih dengan strip kuling
  • Uap organic : hitam
  • Gas ammonia : hijau
  • Gas karbon monoksida : biru
  • Gas asam dan uap organic : kuning
  • Gas asam dan uap organik dan ammonia : cokelat



  • Respirator pemasok udara/oksigen

Jenis ini digunakan untuk bekerja dalam ruang yang berkadar oksigen rendah seperti ruang tertutup atau berpolusi berat, seperti ada gas apiksian (N2, CO2) atau apiksian kimia (NH3, CO, HCN) pada konsentrasi tinggi.


Alat pelindung tangan

  • Sarung tangan kain

Digunakan untuk memperkuat pegangan. Hendaknya dibiasakan apabila memegang benda yang berminyak, bagian-bagian mesin atau bahan logam yang lain.

  • Sarung tangan asbes

Sarung tangan asbes digunakan terutama untuk melindungi tangan pada bahaya pembakaran api. Sarung tangan ini digunakan apabila setiap memegang benda yang panas, seperti pada pekerjaan mengelas dan pekerjaan menempa.


  • Sarung tangan kulit

Sarung tangan kulit digunakan untuk memberi perlindungan dari ketajaman sudut pada pekerjaan pengecoran. Perlengkapan ini digunakan ketika harus mengangkat atau memegang bahan tersebut .


  • Sarung tangan karet

Sarung tangan ini melindungi tangan dari bahaya pembakaran asam atau melindungi dari cairan pada bak di mana pekerjaan itu berlangsung terutama pada pekerjaan pelapisan logam seperti pernikel, perkhrom dll. Sarung tangan karet digunakan juga untuk melindungi kerusakan kulit tangan karena hembusan udara ketika membersihkan bagian-bagian mesin dengan menggunakan kompresor.

Alat pelindung kaki (Sepatu Safety)
Sepatu safety berfungsi untuk melindungi kaki dari tertimpa benda berat, keras atau berbenturan dengan benda-benda berat, tertusuk benda tajam, terkena cairan panas atau dingin, uap panas, terpajan suhu yang ekstrim, terkena bahan kimia berbahaya dan jasad renik, tergelincir.

0 komentar:

Posting Komentar