Kamis, 27 April 2017

23.28

Bersihkan Noda Kotor serta Noda Gores

1. Siapkan sikat khusus untuk sepatu safety suede serta pastikan sepatu dalam situasi kering. Bahan suede mempunyai partikel yang halus serta paling baik dibersihkan dengan sikat khusus yang dapat dibeli berbarengan seperangkat pembersih khusus bahan suede. Bila sepatu Anda mempunyai panduan perawatan, ikuti panduan itu. Suede sangatlah sensitif terhadap air, jadi noda kotor serta noda gores paling baik ditangani saat sepatu dalam keadaan kering.

2. Sikat pelan-pelan sepatu untuk menghilangkan kotoran. Pakai sikat pembersih suede untuk membersihkan kotoran yang menumpuk pada sepatu. Janganlah lakukan gerakan bolak-balik, sikatlah searah berkali-kali. Bila kotoran sukses di hilangkan, sepatu akan terlihat lebih baru.

3. Sikatlah kuat-kuat untuk singkirkan noda gores. Saat sepatu suede tergores, maka partikelnya akan tertekan dalam satu arah. Angkat kembali partikel itu dengan menggosok-gosok sisi yang tergores dengan cara bolak-balik. Sekali lagi, hal semacam ini paling baik dikerjakan dengan sikat khusus suede.
*Untuk goresan yang warnanya pudar serta sulit disikat, coba mencungkil sisi itu memakai pisau untuk mengangkat bulu-bulu halusnya.

4. Gunakan penghapus untuk noda membandel. Goresan dan noda yg tidak dapat disikat kerapkali bisa di hilangkan dengan cara digosok memakai penghapus pensil atau karet krep (bahan karet yang berkerut yang dipakai untuk membuat sol sepatu). Anda dapat juga membeli penghapus spesial suede yang didesain untuk membersihkan noda seperti ini. Hapus noda itu dengan tekanan sedang serta lakukan lebih keras lagi bila nodanya lebih sulit.

5. Jagalah sepatu suede Anda. Saat sudah bersih (atau saat masih baru), semprotkan obat pelindung suede pada sepatu. Hal semacam ini akan membantu mencegah terjadinya noda serta goresan. Ikuti panduan pada kemasan obat itu.

Menghilangkan Noda Khusus

1. Singkirkan noda minyak atau noda yang “tidak di ketahui” aslinya dengan sikat kuku. Gunakan sikat suede untuk menggosok-gosok noda. Lalu gunakan sikat kuku untuk menggosok-gosok noda membandel dengan air hangat. Noda minyak susah di hilangkan serta sepatu suede yang bernoda minyak akan tidak tampak menarik lagi.

*Ada yang menyarankan tepung jagung untuk menyingkirkan noda minyak bila minyaknya masih tetap basah. Taburkan tepung jagung pada noda serta diamkan semalaman. Esoknya, sikat tepung jagung serta uapkan dengan setrika.

2. Biarkan noda lumpur mengering saat sebelum dibersihkan. Gosok bekas lumpur serta janganlah terlalu keras menggosoknya, lalu keringkan sepatu dibawah cahaya matahari. Saat lumpur mengeras, cungkil bongkahan lumpur yang lebih besar menggunakan jari. Lalu gunakan sikat suede untuk bersihkan kotoran yang tersisa.

3. Masukkan sepatu ke pembeku untuk menyingkirkan noda lilin serta permen karet. Bila ada permen karet yang melekat di sepatu, masukkan sepatu ke pembeku selama beberapa jam. Permen karet bakal jadi keras serta Anda dapat melepaskannya. Terakhir, sikat dengan sikat suede.

4. Menghilangkan noda darah dengan bola kapas serta peroksida. Gosokkan bola kapas yang sudah dicelup dengan peroksida pada noda dengan lembut sampai noda darah lenyap.

5. Menghilangkan segera noda tinta saat sebelum betul-betul melekat. Lantas, hapus dengan kertas ampelas. Bila sepatu terkena noda tinta, ambillah handuk serta serap noda itu dengan cepat. Bila terlanjur melekat, gosok noda itu dengan kertas ampelas. Bola kapas yang dicelup alkohol serta digosok-gosokkan pada noda tinta dapat juga dipakai untuk menangani permasalahan ini.

 Cara Pembersihan Lainnya

1. Bubuhkan cuka putih untuk noda membandel. Bila noda tak dapat di hilangkan lewat cara biasa, tambahkan cuka seperlunya, serta gosok dengan lap atau handuk lembut. Biarlah jadi kering, lantas sikat dengan sikat suede. Langkah tersebut bagus juga untuk singkirkan noda salju.

2. Gunakan sabut baja untuk bersihkan noda mengering. Sikatlah noda yang mengering dengan kuat memakai sabut baja. Tetapi, hati-hati, langkah tersebut akan membuat bulu-bulu sepatu berdiri saat noda di hilangkan.

3. Gunakan pengikir kuku serta alat pemanas. Bila tak ada sikat suede, gosoklah sepatu dengan pengikir kuku, lantas uapkan dengan ceret atau setrika. Panas dari alat itu akan buka pori-pori suede hingga mudah dibersihkan.





0 komentar:

Posting Komentar